Skip to main content

Cara Melindungi Smartphone dari Virus dan Hacking

Cara Melindungi Smartphone dari Virus dan Hacking

Seperti halnya PC, telpon pintar atau smartphone juga memiliki banyak fungsi dan tidak hanya untuk telpon dan sms saja. Dengan banyaknya fungsi tersebut, dan ditambah dengan koneksi internet yang terhubung ke siapa saja, maka semakin banyak pula lah ancaman yang mengintai. Salah satunya ancamana para hacker.

Disni Info Smartphone Terbaru ingin berbagi kepada Anda tentang bagaimana Cara Melindungi Smartphone dari Virus dan Hacking.

1. Hindari Free Wifi

Siapa sih yang ngga suka menggunakan Wifi. Apalagi jika wifinya itu gratis. Nah, sayangnya wifi gratis yang tersedia di area publik sangatlah berbahaya. Apalagi jika Anda ingin mengakses hal yang rahasia, seperti masuk ke akun bank, memasukkan password email, nomor pin atau kartu kredit..

Jika Anda ingin menggunakan wifi gratis di area publik, maka berhati-hatilah akan hal ini.

2. Matikan Bluetooth

Koneksi pada bluetooth yang aktif juga rawan terkena hacking. Oleh karena itu jika bluetooth sedang tidak digunakan, lebih baik dimatikan.

3. Jangan simpan password

Menyimpan password memang memudahkan Anda saaat hendak mengakses kembali akun yang dimiliki. Namun meski bisa menghemat waktu, hal ini sebaiknya dihindari. Karena hacker bisa dengan mudah mencuri password yang tersimpan tersebut.

4. Gunakan Scurity Lock

Android memiliki beberapa pilihan pengaman pada lock-screen. Memanfaatkan fitur ini agar perlindungan menjadi lebih ketat. Jika Anda belum mengaktifkan fitur ini, sebaiknya diaktifkan sebelum terlambat.

5. Proteksi Aplikasi

Mungkin Anda cukup malas untuk melakukan login dan logout tiap kali membuka email karena alasan lebih cepat dan praktis. Namun, untuk lebih amannya lebih baik Anda memberikan proteksi kepada aplikasi yang menyimpan data penting. Saran saya adalah Anda menggnakan AppLock.

6. App Permissions

Jangan salah, tidak semua aplikasi pihak ketiga yang ada di Google Play Store aman digunakan. Jika tidak teliti, aplikasi berbahaya ini bisa mengintai dan melakukan hacking pada ponsel Anda. 

Oleh karena itu yang perlu diperhatikan adalah baca dengan teliti app permissions yang ada sebelum dimulai. Jika aplikasi tersebut meminta terlalu banyak permissions yang tidak diperlukan, lebih baik Anda menghindari dan mencari aplikasi alternatif lain yang lebih aman.

7. Baca User Review Sebelum Memasang Aplikasi

Sebelum mendownload aplikasi banyak sekali pengguna yang asal download alias tidak memperhatikan review atau komentar pengguna lain sebelum memasang aplikasi dari Google Play Store. Nah, mulai sekarang sebelum memasang aplikasi sebaiknya baca dulu review dari pengguna lain.

8. Lakukan Backup

Melakukan backup pada ponsel menjadi hal yang wajib dilakukan. Banyaknya ancaman dari berbagai kondisi menyebabkan data yang dimiliki menjadi rentan dan hilang, terhapus, atau mengalami gangguan lainnya. 

Lakukan backup dengan mencadangkannya secara cloud sehingga bisa diambil dengan lebih mudah dan aman. Jika ponsel Android Anda telah di root, ada baiknya menggunakan aplikasi pihak ke tiga aseperti Nandroid Backups yang memiliki kemampuan recovery yang bagus.

9. Gunakan VPN

VPN merupakan pilihan yang cukup bagus, tidak hanya mampu memblokir akses ke suatu situs, tetapi juga melindungi ponsel saat Anda sedang menggunakan Wifi di tempat umum. Banyak aplikasi VPN di Google Play Store seperti Hideninja VPN atau SuperVPN.

10. Hindari Menyimpan File Penting di Ponsel

Sebaiknya Anda menghindari hal tersebut mengingat ponsel yang sangat rentan dari segala permasalahan yang mengakibatkan data tersebut hilang atau di-hack. Jika hal ini tidak bisa dihindari, gunakan aplikasi perlindungan pihak ketiga untuk mengunci file atau folder penting tersebut. 

Salah satu aplikasi yang cukup populer dalam mengangani masalah ini adalah Folder Lock

11. Hapus Internet History

Pastikan untuk secara rutin menghapus internet history serta membersihkan cookies dan cache yang tersimpan setelah melakukan aktivitas browsing. Jika tidak menghapsnya, hal-hal tersebut membuat proses pengintaian oleh pihak yang tidak bertanggung jawab jadi lebih mudah.

12. Tambahkan Aplikasi Proteksi

Menambahkan aplikasi keamanan atau antivirus bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari hacking. Ada beberapa aplikasi gratis yang cukup bagus di Google Play Store. Jangan lupa perhatikan rating yang dimilikinya guna menghindari hal-hal yang sudah dijelaskan tadi.

Nah, itu dia Cara Melindungi Smartphone dari Hacking. Semoga informasi diatas bisa membantu ada dalam mengamankan semartphone Anda dari Hacking. 

Comments

Popular posts from this blog

Aplikasi Browser Tercepat untuk Andorid Gratis

Browsing di smartphone menjadi hal yang menyenangkan jika koneksi internet yang Anda gunakan cepat. Tapi, tidak hanya koneksi internet saja yang menjadi acuan untuk cepat atau tidaknya untuk mengakses internet. Akan tetapi browser yang Anda gunakan juga memberikan peranan penting dalam hal kecepatan. Di Play Store banyak sekali tersedia berbagai browser untuk perangkat android Anda. Tentu saja di setiap browser memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Dari banyaknya browser yang tersedia di PlayStore tidak semuanya bagus. Nah, maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan menulis tentang Aplikasi Browser Tercepat untuk Android Gratis. Yuk kita simak aplikasi apa saja! #1. UC Browser Browser Tercepat pertama adalah UC Browser. Banyak sekali fitur serta kemudahan yang ditawarkan oleh browser ini. Fitur-fiturnya adalah Mode Facebook, Video untuk semua selera, Berita Bola untuk Indonesia, ADBlock, Unduhan pintar, Navigasi cepat dan stabil, Mode cepat, Kontrol video

Aplikasi Android Untuk Download Video Youtube Terbaik

Menonton video di youtube menjadi sangat menyenangkan. Berbagai video mulai dari yang lucu, seru, horor, cinta, sedih dan lain lain ada di youtube. Apalgi dengan semartphone sekarang yang sudah bisa mendukung video youtube dan ditambah koneksi internet yang kencang pastinya agar tidak terjadi buffering membuat Anda tidak akan pernah meninggalkan Youtube. Youtube sendiri memiliki lebih dari satu miliar pengguna di seluruh dunia. Dan setiap hari orang menonton ratusan juta jam video youtube dan menghasilkan miliaran kali penayangan. Dari informasi di atas, saya yakin Anda juga salah satunya termasuk juga saya. Saat Anda sedang asik menonton sebuah film di youtube, atau video clip yang Anda suka, lalu pada suatu saat Anda ingin menonton kembali video itu tapi ternyata kuota Anda tidak cukup. Nah, saya sendiri sering seklai mengalami hal tersebut. Akan lebih baik jika video youtube yang Anda tonton bisa di download. Dengan begitu Anda bisa menonton berulang-ulang video yang tela

7 Tablet Android Murah di Bawah Satu Juta

Mungkin tablet tidak sepopuler smartphone akibat ukurannya yang besar dan kurang praktis. Akan tetapi menatap layar smartphone berlama-lama pun sepertinya kurang nyaman, misalnya untuk nge-game atau browsing ke sana-sini.   Mata cepat lelah dan kurang cepat merespon gerakan dalam game. Maka, tetap saja kita akan butuh gadget berlayar lega yaitu tablet. Dipakai dirumah atau kantor, tablet lebih nyaman dipandang lama. Bahkan ada yang memakainya untuk membantu kerja, dengan menambahkan keyboard bahkan mouse lewat USB OTG atau bluetooth. Suka atau tidak, anak-anak atau keponakan kita sering meminta tablet sebagai hadiahnya. Pilihan game yang berlimpah dan gratis, menjadi alasan utama anak-anak ini menyukai tablet.  Nah, harga maksimal sejuta mungkin masih dalam taraf wajar untuk sebuah hadiah dan menyenangkan anak-anak. Kinerjanya sudah lumayan memadai, toh anak-anak juga jarang bermain game-game berat seperti orang dewasa. Dengan dana satu juta saja, kini ada beberapa pilihan